Sabtu, 15 Juni 2013

Leang kabori
Liang Kobori adalah nama lain dari Gua Kabori. Dari Buku Panduan Pariwisata Kemenparekraf, Liang Kobori yang berada di Desa Mabolu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, adalah gua yang menjadi saksi sejarah kehidupan suku Muna di Sulteng.  Kenapa diberi nama Liang Kobori? Ini berasal dari bahasa Muna yang berarti gaya tulis. Penamaan ini sangat pas karena jika masuk ke dalam gua, maka Anda bisa melihat banyaknya lukisan di sepanjang dinding gua. Ada sekitar 130 lukisan yang bisa Anda lihat. Menurut peneliti, lukisan yang berada di dinding gua berasal dari zaman prasejarah atau sekitar 4.000 tahun yang lalu. Jika diamati, lukisan-lukisan tersebut menggambarkan cara hidup masyarakat suku Muna mulai dari bercocok tanam, beternak, berburu, sampai peperangan.
Liang Kabori memiliki lebar 30 meter dengan tinggi sekitar 2-5 meter dan kedalaman di bawah tanah sekitar 50 meter. Gua ini tersusun dari bebatuan stalaktit dan stalagmit yang berwarna kehitaman.
Jika ini ingin mengunjungi Liang Kabori, Anda bisa menempuh dua cara. Cara pertama melalui Pelabuhan Nusantara, Kendari menuju Pelabuhan Raha di Muna. Waktu tempuh untuk rute ini adalah 4 jam. Cara kedua bisa Anda lalui dari Bandara Walter Monginsidi, Kendari menuju Bandara Sugimanuru lalu ke Kota Raha sebelum menuju ke Desa Mabolu dengan lama perjalanan 1,5 jam.
Lukisan Di dalm leang Kabori

0 komentar :

Posting Komentar